Selasa, 09 Agustus 2016

PENGENALAN MEDIA WAYANG UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER ANAK



PEMBAHASAN
PENGENALAN MEDIA WAYANG UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER ANAK
Menurut G.A.J. Hazeu, masyarakat Jawa Kuno sering menghormati arwah nenek moyan dengan membuat gambar yang menyerupai bayangan nenek moyang. Gambar “dijatuhkan” pada kelir yang dilakukan oleh seorang shaman atau disebut dalang pada jaman sekarang (Soetarno dan Sarwanto,2010 : 5-7). Kesenian wayang sudah ada sekitar 1500 SM, pada perkembangan berikutnya masuklah kisah Mahabarata dan Ramayana dari pengaruh Hindu. Lambat laun mengalami asimilasi yang  sempurna sehingga membentuk kultur baru sebagai Mahabarata Jawa, yang sekarang dikenal dengan sebutan wayang kulit purwa (Wahyudi dalam Haryono, 2009 : 53). Wayang Purwa merupakan karya seni yang bisa mengikuti perkembangan zaman. Wayang sekarang tetap berbeda dengan wayang zaman dulu namun setiap perubahannya tidak mempengaruhi jati dirinya. Kesenian wayang tetap menjadi tontonan yang memiliki landasan yang kokoh, yaitu hamot, hamong dan hamemangkat. Hamot adalah keterbukaan menerima pengaruh dan masukan dari dalam dan luar. Hamong adalah kemampuan untuk menyaring unsur yang baru dan sesuai dengan nilai yang ada, selanjutnya diangkat menjadi nilai yang cocok dengan wayang sebagai bekal untuk menyesuaikan dengan masyarakat. 
Menurut Santosa (2011 : 39), dalam konteks kebudayaan, tujuan utama pertunjukan wayang adalah memberikan petunjuk kepada manusia untuk berlaku yang baik dan benar dan memacu cipta, rasa, dan karsa ikut membangun bebrayan agung, serta memayu hayuning bawana. Pertunjukan wayang memiliki budi pekerti luhur yang diharapkan  membuat kehidupan masyarakat berada dalam kerangka tata tentrem kertaraharja. Pesan moral menjadi sangat dominan dalam wayang, termasuk ajaran mengenal dan menyadari sangkan paraning dumadi atau asal mula kehidupan. Pembentukan jati diri, pertunjukan wayang yang lebih banyak memainkan peranannya, sedangkan media berupa penggunaan alat dan bahan berfungsi secara tidak langsung untuk memperkaya pertunjukan wayang tersebut. Makna entertaiment dari wayang itulah yang seharusnya menjadi penanaman dalam pembentukan jati dirianak bangsa, bukan budaya asing yang dijadikan sebagai fashion center.
  Apa yang disebut jati diri di sini tidak lain adalah karakteristik jiwa bangsa yang bersumber dari akar budaya masing-masing. Budayabudaya daerah yang membentuk karakteristik masyarakatnya masingmasing (Manuaba, 58:1999). Karakteristik bangsa dengan sendirinya juga akan memberi jati diri pada setiap anak bangsa Indonesia. Penokohan dan kisah dalam wayang dapat dijadikan ide, gagasan dalam menyajikan konsep-konsep pendidikan melalui media yang cocok dengan psikologi anak-anak.
Cara mengenalkan budaya adiluhung wayang kepada anak-anak bisa dengan berbagai cara yaitu antara lain membaca buku wayang, mengajak menonoton pertunjukan, datang ke museum wayang, guru membawa wayang di kelas atau guru bercerita tentang kisah pewayangan. Metode konvensional semacam itu bisa saja dilakukan, tetapi kadang perlu inovasi metode yang lebih atraktif dan menarik bahkan bisa mengasah imajinasi dan kreativitas anak. Beberapa pihak sudah mengupayakan cara-cara agar wayang bisa diterima dan dekat dengan anak-anak antara lain dari dibukanya sanggar dalang untuk anak-anak, pementasan wayang oleh dalang anak-anak, pembuatan komik, film animasi, wayang dalam film bentuk tokusatsu, dan lain sebagainya. Pemanfaatan media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan berpengaruh secara psikologis kepada siswa (Hamalik, 1986). Untuk mewujudkan gagasan dalam bentuk karya diperlukan adanya media. Persoalan media merupakan persoalan material formal yang bersifat tekstual dengan determinasinya pada pemilihan bahan, penggunaan alat, pengolahan teknik, pendekatan dan hal-hal yang berkaitan dengan cerapan inderawi, sesuai dengan konteks tujuannya.
Media berperan atau memiliki kedudukan sebagai sarana bagi seseorang untuk mengekspresikan diri (Djamarah, 2006:120). Dunia pendidikan karya seni dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk menciptakan proses pembelajaran yang dapat menempatkan suatu media karya begitu penting. Salah satunya karya wayang sebagai karya seni rupa yang dapat berperan untuk sarana pembelajaran tematik untuk siswa tingkat SD. Keanekearagaman budaya di Indonesia tidak akan habis digali sepanjang bumi berputar. Hal inilah yang mendasari kita dan saat itu untuk menuangkannya dalam bentuk cerita wayang dalam bentuk media dan kisah wayang dari berbagai daya kreatifitas pendidik. Fungsi media wayang sebagai penyalur informasi belajar atau penyalur pesan dari nilai-nilai adiluhung. Untuk mewujudkan gagasan dalam bentuk karya diperlukan adanya media wayang sebagai materi belajar dan bermain anak-anak. Mengenalkan kisah wayang ini dirasa semakin efektif jika menyentuh ke dalam sekolah. Misalnya; dengan memasukkan kegiatan tema wayang dalam kegiatan seni budaya, khususnya seni rupa dan drama. Melalui kegiatan kesenian, guru  dapat mengajak anak-anak menggambar karakter atau tokoh wayang purwa, dan dari gambar itu lalu dibuat wayang dari bahan kardus.Wayang yang telah mereka buat, dipentaskan dalam sebuah  pertunjukan wayang kardus yang digarap secara bersama-sama oleh siswa itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar